Cara Mendapatkan Malam Lailatul Qadar

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh dengan kemuliaan. Pada bulan ini, seluruh amalan umat manusia dilipat gandakan pahalanya, sehingga merugilah orang orang yang tidak beramal di bulan Ramadhan. Ada banyak sekali amalan yang harus kita tingkatkan selama bulan Ramadhan. Diantaranya ialah membaca Al Quran, berdzikir kepada Allah, bersodaqoh, dan lain sebagainya. Tentu saja sangat sayang apabila bulan Ramadhan ini disia siakan.

Cara Mendapatkan Malam Lailatul Qadar
Photo by Kristopher Roller on Unsplash
Namun ada yang lebih istimewa lagi di bulan Ramadhan, yaitu malam Lailatul Qadar. Malam ini sangat mulia karena malam ini lebih baik dari pada 1000 bulan. Bayangkan saja kita beramal sebuah amalan pada malam ini, pahala dan kebaikannya dapat kita dapatkan lebih baik dari pada 1000 bulan. Tentu saja ini menjadi waktu yang sangat barokah dan sangat merugi apabila kita tidak mendapatkannya.

Malam Lailatul Qadar sendiri keberadaannya dirahasiakan oleh Allah. Karena memang malam ini sangat istimewa, jadi orang yang beriman akan bersungguh sungguh dalam mencari malam Lailatul Qadar ini. Namun Rasulullah telah memberikan tanda tanda datangnya malam Lailatul Qadar ini. Berikut ini adalah Tanda Tanda datangnya Malam Lailatul Qadar sesuai dengan Hadits.

1. Kedatangan malam Lailatul Qadar ditandai dengan kedamaian alam, sesuai dengan hadits berikut. Rasulullah bersabda “Lailatul qadar adalah malam yang penuh kelembutan, cerah, tidak begitu panas, juga tidak begitu dingin, pada pagi hari matahari bersinar lemah dan nampak kemerah-merahan.” (HR. Ath Thoyalisi.  Haytsami mengatakan periwayatnya adalah tsiqoh /terpercaya)

2. Ada orang mukmin yang mendapat mimpi tentang datangnya malam Lailatul Qadar. Tentu peristiwa ini tidak dialami oleh semua orang, namun hanya orang orang yang dikehendaki Allah. 

3. Malam Lailatul Qadar lebih berpeluang besar berada di malam malam ganjil. Karena itu merupakan isyarat dari Rasulullah mengenai datangnya malam Lailatul Qadar. Rasulullah bersabda “Carilah lailatul qadar di malam ganjil dari sepuluh malam terakhir di bulan Ramadhan.” (HR. Bukhari)

4. Anda akan merasakan nikmatnya beribadah, karena pada malam ini, rahmat Allah akan turun ke muka bumi. Manusia akan merasa tenang daripada hari hari lainnya. 

Semoga bermanfaat ya dan semoga kalian mendapatkan malam Lailatur Qadar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...