Mengukur Kepopuleran Jokowi dan Prabowo

Pak Joko Widodo adalah petahana dan sekaligus Presiden RI sampai hasil pemilu 17 April 2019 nanti diumumkan dengan wakillnya Pak Ma'ruf Amin. Sedangkan Pak Prabowo Subianto adalah calon Presiden RI dengan calon Wakil Presiden Pak Sandiaga Uno. Masing-masing paslon mempunyai visi dan misi untuk Indonesia dan kita sebagai rakyat Indonesia mari datang ke TPS dan gunakan hak pilihnya ya.

Vertikal Jokowi-Prabowo. ©2019 Merdeka.com img by merdeka.com

Oke lanjut, Perbincangan Pilpres sangat hangat bahkan panas disetiap tempat dipelosok negeri ini membicarakan siapa yang akan keluar sebagai pemenang dan siapa yang akan kalah. Perbincangan hangat tentang pilpres ini sangat ramai mulai dari terminal, pasar, warkop, kedai kopi, mall, dirumah, di kantor, di kantin dan dimanapun dua orang atau lebih yang berbeda dukungan pasti ngobrol tentang Pilpres 17 April 2019 nanti. Debat yang damai ya.

Banyak survey yang menyajikan bahwa Paslon A lebih unggul sementara Paslon B kurang unggul dari hasil yang disugguhkan ada sebagian masyarakat yang yakin dan ada sebagian masyarakat yang kurang yakin. Di tulisan kali ini saya tidak akan menyajikan hasil survey dari lembaga survey manapun saya akan menyajikan tingkat kepopuleran masing-masing paslon berdasarkan istilah penelusuran di mesin raksasa dunia yaitu google trends.

Saya suguhkan data ini rentan waktu tiga puluh hari pertama 5 Maret 2019 hingga hari ini tanggal 7 April 2019.

Oke langsung saja dibawah ini adalah "Minat seiring waktu sumber data dari google trends"



Jika dilihat dari data diatas Pak Jokowi diwakili warna biru dan Pak Prabowo diwakili warna merah terlihat grafik saling menyalip, pada grafik diatas Pak Prabowo berada diatas Pak Jokowi.

Berdasarkan data diatas kepopuleran kedua paslon berdasarkan penelusuran mempunyai pencarian terbanyak dibeberapa provinsi di Indonesia.

Data ini bukan survey elektabilitas masing-masing paslon tapi data ini adalah menunjukan tingkat kepoluleran masing-masing paslon menurut "Istilah Pencarian di Search Engine".

Nah itulah opini saya mengenai tingkat kepopuleran kedua Calon Presiden RI.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...